Pantai Pulau Merah Yang Memukau Setiap Pengunjungnya

10:11:00 AM Blogger Baik 1 Comments

Pantai dan pegunungan memang menjadi potensi wisata unggulan di Banyuwangi. Di kota ini, Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan dan tebing-tebing yang menjulang tinggi sembari merasakan semilir angin pantai. Salah satu destinasi wisata yang menawarkan sensasi tersebut adalah Pulau Merah Banyuwangi, sebuah pantai yang terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Lantas, mengapa pantai ini dinamakan Pulau Merah?

Awalnya, pantai Pulau Merah Banyuwangi bernama Ringin Pitu. Asal-usul pergantian nama menjadi Pulau Merah memiliki dua versi cerita. Versi pertama berdasarkan keadaan pasir pantainya yang berwarna kemerahan. Sementara, ada pula yang menganggap nama Pulau Merah didapat dari pancaran cahaya merah dari pantai tersebut.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Selain pasirnya yang tampak cokelat kemerahan, daya tarik lain yang dapat Anda jumpai di Pulau Merah adalah bukit tinggi yang menjulang di ujung pantai. Di bawah bukit tersebut terdapat bebatuan dan karang yang menghiasi daerah sekitarnya. Ketika matahari mulai tenggelam, semburat jingga kemerahan tampak begitu mempesona menyembul di balik bukit tersebut.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi?

Pantai Pulau Merah Banyuwangi cukup populer di kalangan pecinta olahraga air berkat ombaknya yang besar. Ombak di Pulau Merah biasanya mencapai puncak ketinggiannya pada bulan April hingga September. Fenomena tersebut tidak lupa pula dimanfaatkan pemerintah setempat untuk menarik para wisatawan. Salah satu cara yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatwan Pulau Merah adalah dengan menggelar Kejuaraan Selancar Internasional pada Mei 2013 lalu.

Pulau Merah sebenarnya tidak terlalu banyak memiliki karang sehingga pantai ini dapat terbilang aman digunakan sebagai arena latihan peselancar pemula. Jika Anda tertarik untuk belajar selancar di Pulau Merah, Anda dapat memanfaatkan jasa instruktur selancar dan penyewaan papan selancar yang mematok tarif sekitar Rp25.000,00-Rp50.000,00 saja untuk digunakan seharian penuh.

Lokasinya yang berdekatan dengan desa nelayan juga membuat Pulau Merah menjadi tempat yang pas bagi Anda yang hobi memancing. Di sini, Anda dapat menyewa perahu tradisional yang digunakan khusus memancing. Tentunya asyik bukan menikmati semilir angin pantai sambil menunggu ikan memangsa umpan pancingan?

Ingin bermalam di Pulau Merah? Jangan khawatir, sebab di kawasan tersebut terdapat banyak penginapan yang disediakan warga setempat dengan tarif sekitar Rp100.000,00 per malam.

Akses Transportasi Menuju Pulau Merah


Demi menikmati keindahan Pulau Merah, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 60 kilometer dari pusat kota. Akses menuju lokasi pun terbilang mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat berkat jalanannya yang sudah beraspal. Perjalanan yang ditempuh hanya memakan waktu sekitar dua jam jika dilakukan menggunakan mobil pribadi. Sementara, jika Anda inging melakukan perjalanan menggunakan angkutan umum, Anda dapat mengendarai bus jurusan Pesanggaran dari Terminal Banyuwangi dilanjutkan dengan ojek menuju lokasi Pulau Merah.

Jika Anda punya rencana untuk berkunjung ke Banyuwangi dalam waktu dekat, jangan lupa masukkan Pulau Merah Banyuwangi ke dalam daftar kunjungan Anda, ya. Ingin berwisata di Banyuwangi tanpa repot mengurus transportasi? Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik, driver kami siap mengantar anda untuk menelusuri keindahan wisata alam di Banyuwangi.
Selamat berlibur.

Bacaan Mungkin Bermanfaat Lainnya

1 comment:

  1. sangat menarik saya belum tau kalau ada pantai pulau merah di banyuwangi saya pernah kesana hanya jalan - jalan dekat dari pelabuhan gilimanuk dan pantai nya tak seindah yang ada di pantai pulau merah masyarakat yang saya temui di banyuwangi dan bali pasti pintar bahasa inggri karena mereka sering berinteraksi dengan turis asing dan tidak semua mengikuti Kursus Bahasa Inggris Pemula melainkan belajar dari interaksi langsung dengan turis internasional

    ReplyDelete

Tulis Disini, Baik dan Buruk Diterima..!!