Tempat Wisata Di Banyuwangi yang Asyik Dikunjungi

3:09:00 AM Blogger Baik 1 Comments

Jangan takut datang ke Banyuwangi, yang sekarang bukan yang dulu. Mungkin dulu mendengar kata Banyuwangi langsung identik dengan santet, hal ini akan menakutkan bagi sebagian orang. Santet mungkin masih berlaku, tapi tidak intens seperti jaman dahulu kala.

Pemerintah daerah Banyuwangi memang memiliki tekad yang kuat untuk meningkatkan industri pariwisatanya. Jika dilihat dari geografisnya memang banyak sudut-sudut menarik yang dapat dijadikan tujuan berlibur bagi wisatawan.

Sekarang jika mendengar kota ini yang dicari pasti tempat wisata di Banyuwangi oleh kebanyakan orang, baik warga Banyuwangi sendiri maupun luar kota. Bahkan kunjungan turis asing di Banyuwangi meningkat cukup drastis akhir-akhir ini. Mungkin Anda salah satu yang penasaran sebanarnya ada objek wisata apa aja di kota paling ujung timur pulau Jawa ini.

Ok, tidak perlu lama-lama lagi, mari kita list tempat-tempat yang asyik untuk dikunjungi di Banyuwangi.

Kumpulan Tempat Wisata Di Banyuwangi Kota & Sekitarnya

Sebelum beranjak ke sudut-sudut, kita jelajahi yang dekat-dekat dengan kotanya. Ada banyak tempat wisata yang bisa diakses dengan mudah di Kota Banyuwangi ini. Mulai dari pantai, gunung, taman, dll.

Wisata Pantai Boom

Pantai Boom Banyuwangi

Lokasinya dipusat Kota, mudah diakses jika anda menginap di hotel sekitar Kota Banyuwangi. Masuk ke pantai boom Anda akan dikenakan tiket masuk untuk kendaraan saja, untuk motor 5k sedangkan mobil 10k. Harga tiket masuk sudah termasuk parkir didalam area pantai yang sudah disediakan.

Bagi pecinta pasir berawana putih atau coklat mungkin tidak akan suka datang ke pantai ini. Tapi ketidaksukaan Anda akan sirna apabila sudah melihat pemandangan matahari terbit disini. Matahari terbit disini cukup unik karena muncul dibalik pegunungan yang ada di Pulau Bali. Ditambah lagi ada beberapa nelayan yang lewat dengan perahunya yang akan membuat view semakin indah. Sangat instagramable jika pagi hari datang kesini.

Untuk mendapatkan pemandangan yang terbaik, sebaiknya pukul 05.30 Anda sudah sampai disini, dan juga berdo’a agar tidak ada awan mendung. Namanya juga matahari terbit, jika tertutup mendung tidak terlihat terbitnya.

Alun-alun Kota Taman Sritanjung & Taman Blambangan

Taman Sritanjung Banyuwangi

Untuk menghabiskan sore atau malam hari di Banyuwangi kota sepertinya asyik untuk duduk santai di taman. Kalian bisa pilih salah satu atau kunjungi keduanya juga boleh. Sambil duduk santai berbincang dengan teman atau keluarga, disini Anda bisa menikmati jajan ringan sampai berat dengan suasana yang santai.

Lokasi kedua taman ini sangat dekat, hanya dipisahkan oleh pasar tradisional. Cukup jalan kaki 5 menit sudah sampai.

Wisata Pantai Syari’ah / Pulau Santen

Sebenanya saya lebih setuju tetap pakai nama Pulau Santen sih. Entah apa yang ada dibenak pemerintah daerah Banyuwangi yang merubah namanya menjadi Pantai Syari’ah. Akibatnya fatal, pengunjung jadi agak malas datang kesini. Penyebabnya 1 keluarga tidak boleh duduk-duduk bersama karena Syari’ah dipisah antara laki-laki dan perempuan. Wisata macam apa ini, receh. Semoga bisa dikaji ulang oleh pemda setempat agar pengunjung pantai ini kembali banyak lagi.
Terlepas dari nama pantainya, pemandangan disini tidak kalah dengan di pantai boom.

Pemandangannya juga sama yaitu sunrise dengan background pulau Bali. Bedanya disini terkadang Anda bisa melihat aktifitas nelayan scara langsung saat menjaring ikan.

Agrowisata Taman Suruh

Agak naik sedikit dari Banyuwangi Kota, sekitar 8km dari pusat kota. Anda bisa menikmati wisata edukasi tentang pertanian dan peternakan. Pemandangannya asyik sekali, dari sini Anda bisa melihat selat Bali lho. Itu hanya bonus saja, pemandangan utamanya adalah bunga-bunga yang indah disini bisa Anda jadikan spot untuk selfie yang instagramable.

Nah, itu hanya beberapa saja tempat wisata di Banyuwangi sekitar area Kota yang bisa Anda kunjungi. Apakah hanya itu saja? Masih banyak lagi gaes, info lengkap bisa browsing kembali di google atau kunjung situs kempenpar Banyuwangi. Lanjut ke objek-objek yang agak jauh dari Banyuwangi Kota.

Sedikit Menjauh Dari Banyuwangi Kota Ini Tempat Wisatanya

Menjauh dari Banyuwangi Kota, banyak spot-spot wisata alam yang akan menghijaukan dan mencerahkan mata Anda. Alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dapat Anda nikmati keindahannya di Kabupaten Banyuwangi. Ada apa saja? Banyak, misalkan : Kawah Ijen, Pulau Merah, Taman Nasional Baluran, Pulau Tabuhan, Bangsring underwater,dll.

Taman Wisata Alam Kawah Ijen

Wuihhh, ini tempat wisata di Banyuwangi yang cukup banyak peminatnya. Kenapa banyak, karena sekarang aksesnya mudah. Dulu, jalan disini bebatuan, jumlah kendaraan yang lewat bisa dihitung, paling juga truck pengangkut belerang.

Sekarang wow, kendaraan pribadi juga banyak yang lewat disini. Jalannya mulus, semulus paha Syahrini, eh mulus gak sih, apa masih mulus jalan menuju Kawah Ijen? Hehehehe.

Sebelum Anda menuju ke puncak Kawah Ijen pastikan kondisi fisik Anda sudah siap ya, karena perjalanan menuju ke puncak cukup melelahkan, sangat melelahkan bagi beberapa orang. Buat Anda yang punya duit berlebih tidak usah takut lelah, karena ada jasa dorong keatas naik gerobak. Jasa ini disediakan kuli-kuli pengangkut belerang.

Pemandangannya jangan ditanya, langsung googling saja. Jika beruntung Anda bisa menyaksikan fenomena blue fire yang hanya ada 2 di dunia, salah satunya di Kawah Ijen ini.

Pantai Pulau Merah

Pulai Bali terkenal surganya pantai, Banyuwangi juga punya salah satunya pantai Pulau Merah. Pemandangan menarik bisa Anda temukan disini saat matahari mulai terbenam, yaitu pasir dipinggir pantai yang berwarna kemerahan karena pantulan dari cahaya matahari.
Pulau Merah bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam dari Banyuwangi Kota. Sementara ini tidak ada transportasi umum yang menuju ke pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa rental mobil / motor.

Taman Nasional Baluran

Anda pernah tahu Savana di Afrika? Nah, di Indonesia ada, namanya Savana Bekol letaknya di Taman Nasional Baluran. Ya mungkin tidak seliar di Afrika, paling tidak Anda bisa menyaksikan kawanan kijang liar yang mencari makan disini.

Spot untuk foto juga sangat bagus, Anda bisa mengambil gambar dengan background bentangan savana yang luas. Tidak akan menyesal jika Anda berkunjung kesini. Dari Banyuwangi kota bisa ditempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam.

Bacaan Mungkin Bermanfaat Lainnya

1 comment:

Tulis Disini, Baik dan Buruk Diterima..!!