BONEK DAPATKAN KERINGANAN HUKUMAN

6:27:00 PM Herman Sebelas 0 Comments

19-02-2010
Jakarta - Komisi Banding (Komding) PSSI meringankan hukuman yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI kepada suporter Persebaya Surabaya, Bonek. Hukuman Bonek diringankan menjadi hanya dua tahun tidak boleh memberikan dukungan langsung kepada tim kesayangannya di semua kompetisi PSSI, baik kandang maupun tandang. Sebelumnya, Komdis menghukum elama empat tahun tidak boleh mendukung Persebaya dalam pertandingan tandang.

Ketua Komding PSSI Rusdi Taher usai sidang di kantor PSSI, Kamis (18/2) mengatakan, keputusan itu dilakukan setelah pihaknya melakukan pemeriksaan berkas banding yang dilakukan oleh klub Persebaya. “Hukuman ini lebih ringan dari Komdis, tetapi dalam kurun dua tahun itu pendukung Persebaya tidak boleh memberikan dukungan dengan mengenakan seragam, poster maupun slogan pendukung Persebaya yang selama ini mereka lakukan selama dua tahun,” jelas Rusdi.

Dijelaskan, sanksi dua tahun tersebut berlaku juga saat Persebaya menjamu tim di lanjutan Djarum ISL 2009/2010. “Keputusan kami, pendukung Persebaya tidak boleh mengenakan atribut, poster atau pun slogan yang berbau pendukung yang selama ini mereka kenakan saat mendukung Persebaya,” imbuhnya.

Jika pendukung fanatik Persebaya ingin memberikan dukungan, Rusdi mengatakan jangan mengenakan seragam yang mencerminkan jika itu pendukung Persebaya. “Kami ingin semua elemen pendukung Persebaya maupun klub Persebaya sendiri bisa melakukan perubahan,” tuturnya.

Mengenai sanksi denda ganti rugi sebesar Rp 50 juta kepada pihak Persib Bandung saat Persib menjamu Persebaya tanggal 23 Januari lalu di Stadion Si Jalak Harupat, Rusdi mengatakan bahwa Komding membatalkan keputusan ganti rugi itu. “Tidak ada sanski karena tidak ada tuntutan dari pihak Persib Bandung, mungkin lain halnya jika pihak Persib Bandung melakukan tuntutan ganti rugi akibat pendukung Persebaya merusak fasilitas Persib Bandung saat menjamu Persebaya,” paparnya.
Mengenai denda Rp 200 juta yang ditetapkan oleh Komdis kepada panpel Persebaya, Rusdi mengatakan Komding mendukungnya. “Kami mendukung denda kepada panpel Persebaya sebesar Rp 200 juta itu yang harus segera disetorkan ke rekening PSSI,” tandasnya.

Sementara itu, mengenai banding Arema Malang yang tidak menerima keputusan Komdis beberapa waktu lalu, manajemen Arema telah memasukkan banding kepada Komding. “Kami akan mengumumkan hasil banding Arema hari Selasa minggu mendatang,” kata Rusdi.

Sumber : www.ligaindonesia.co.id

Bacaan Mungkin Bermanfaat Lainnya

0 comments:

Tulis Disini, Baik dan Buruk Diterima..!!